Beranda » Blog » Fungsi Dan Tanda Tanda Kerusakan Thermistor Ac

Fungsi Dan Tanda Tanda Kerusakan Thermistor Ac

Thermistor merupakan suatu Sensor atau komponen yang terletak dalam unit indoor Ac, Thermistor akan mendeteksi adanya perubahan pada suhu ruangan.

Fungsi Thermistor

Cara kerja alat ini cukup unik karena alat ini akan memantau perubahan suhu pada ruangan dan akan bekerja jika ada perubahan pada suhu ruangan ketika suhu berubah maka thermistor akan mengirim ke sinyal outdoor tentunya jika suru rungan menurun, maka ketika sinyal itu di terima outdoor dengan automatis unit outdoor akan mati.

Dan begitu sebaliknya ketika suhu ruangan mulai naik maka thermistor akan kebali mendeksi suhu ruangan yang mulai berubah naik dan otomatis outdoor akan hidup kembali.

Apa Tanda Tanda thermistor mengirim sinyal ?

Ketika Thermistor mengirim sinyal panas atau dingin maka akan terdengar Suara tek dan suara itu tidak akan terdengar jika posisi kita jauh.

Tanda yang paling umum Biasanya ketika Ac pertama kali di nyalakan akan terdengar bunyi, dan di tandai dengan nyalanya unit outdoor.

Apakah Thermistor Bisa Rusak ?

Jelas bisa rusak dan itu sering terjadi pada unit ac, untuk orang awam kerusakan thermistor memang susah terdeteksi, karena memang teknisi yang kompetem yang lebih paham.

Apa Ada tanda tanda kerusakan pada thermistor?

Tanda yang paling umum adalah lampu indikator akan berkedip menandakan error karena tidak bisa mendeteksi temperatur  dan selanjutnya hidup mati unit outdoor, bahkan kalau sudah rusak parah indoor outdoor akan mati dan lampu akan terus berkedip.

Tapi semua semua Tanda tanda di atas itu bisa juga di pengaruhi oleh hal lain, seperti, freon berkurang juga lampu indikator akan berkedip bahkan mati hidup pada unit Ac.

Ketika anda mengalami tanda tanda Seperti yang di bahas di atas, anda juga jangan langsung memponis bahwa itu kerusakan akibat thermistor dan langsung mengantinya.

Mengapa demikian? Banyak kemungkina kemungkinan dari komponen lain juga. Karena kami cuma membahas Fungsi dan tanda kerusakan thermistor maka kami menerangkan masalah thermis saja.

Kesimpulan

Ketika mengalami kerusakan pada ac anda, panggilah teknisi langganan anda, jangan coba melakukannya sendiri karena anda berhadapan dengan alirian listrik yang akan mebahayakan diri anda sendiri.

Semoga bermanfaat jika ada salah dalam bahasa dan penulisan mohon di koreksi. Jika anda perlu bantuan silahkan hubungi kami 082113664291

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll to Top
× Chat Kang Asep