Fungsi Kapasitor Untuk Ac Split

Salam Sejahtera,

Selamat Datang Kembali di website kami, pada kesempatan ini kami akan membahas tentang Fungsi Kapasitor untuk AC Split.

Dimulai dengan pengertian Kapasitor, Kapasitor merupakan alat elektronik yang dapat menyimpan muatan energy di dalam suatu medan listrik, dengan cara mengumpukan ketidakseimbangan internal dari muatan listrik.

Pada mesin Air Conditioner (AC) ukuran kecil, atau di bawah 3 PK dan Single Phase, Kapasitor berfungsi sebagai starting penggerak atau penggerak pertama motor/kompresor. Besarnya kapasitor di sesuaikan dengan besarnya motor/kompresor. Kapasitor ini bukan untuk mempercepat putaran motor. Kapasitor sendiri sesuai dengan besarnya kompresor (PK).

Fungsi Running Kapasitor Atau Kondensor AC Split Running, Kapasitor banyak dipergunakan pada mesin pendingin AC, freezer, kulkas, motor mesin cuci dan pompo angin maupun pompa air. Sedikit berbeda dengan fungsinya pada mesin lain, pada AC kapasitor yang dipakai umumnya memiliki casing aluminium, sehingga bentuknya kelihatan mengkilap dalam Mesin AC dan mudah dikenali.

FUNGSI RUNNING KAPASITOR ATAU KONDENSOR AC SPLIT

Berfungsi untuk menghaluskan perputaran awal pada kompresor AC. Fungsinya seperti kapasitor bank yang menyimpan muatan listrik agar gerakan kompresor dapat bergerak dengan rata dan halus. Umumnya kapasitor yang dipergunakan pada mesin AC memiliki voltase yang cukup besar.

GEJALA KERUSAKAN KAPASITOR PADA MESIN AC

Jika sebuah kapasitor pada mesin AC putus atau rusak, maka akan sangat mudah kita kenali kalau ciri cirinya seperti berikut ini :

  • Kompresor Menjadi Panas hal ini dikarenakan beban yang berlebihan akibat suply litrik yang terputus-putus menyebabkan starting putaran berat pada kompresor yang menyebabkan kompresor menjadi lebih panas.
  • Kompresor Tidak Berputar hal ini akibat Motor kompresor tidak mampu start up sehingga Kompresor Bergetar Atau Berdengung.

Gejala tersebut di atas lebih banyak ditemukan pada kompresor AC yang lebih kecil.

BENTUK KAPASITOR UNTUK MESIN PENDINGIN AC

Kapasitor yang banyak dipergunakan pada ac umumnya memiliki casing yang terbuat dari aluminium.

TIPS MENGGANTI KAPASITOR AC YANG RUSAK.

Perhatikan spesifikasi kapasitor sebelum mengganti dengan yang baru. Hal yang harus diperhatikan adalah mengetahui nilai UF yang tercantum pada kapasitor dan voltasenya.

Umumnya voltase kapasitor masih dapat dipergunakan walaupun hanya 275 Volt. Namun, sebaiknya memberikan sedikit toleransi keamanan dengan membeli kapasitor yang sama voltnya atau lebih tinggi dari yang aslinya.

Volt pada kapasitor AC menunjukan kemampuan dan ketahanannya terhadap voltase yang dibebankan. Tidak masalah jika tidak lebih besar nilainya.

Namun nilai kapasitas UF sebaiknya disamakan karena menunjukan kemampuan menyimpan arus pada kapasitor. Kapasitor AC tidak mempunyai polaritas, sehingga tidak perlu mengkhawatirkan soal positif dan negatifnya.

Fungsi running kapasitor atau kondensor AC split cukup penting. Jika tidak diganti dan dipaksakan terus akan menyebabkan kerusakan permanen pada kompresor.

Demikian kiranya ulasan singkat yang bisa kami sajikan, mudah mudahan bisa bermanfaat buat kita semua. Salam Cool n Fresh.

Tinggalkan Balasan

call